Analisis Jasa PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir - Maskerskuy26

WhatsApp_Image_2021-03-25_at_9.08.48_AM-removebg-preview

Blog yang menjelaskan berbagai macam masker untuk wajah. Selain masker kami juga menjelaskan berbagai macam perawatan untuk wajah

demo-image

Post Top Ad

Rabu, 17 Februari 2021

demo-image

Analisis Jasa PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

Responsive Ads Here

 

Analisis Jasa

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir

JNE


 

Siapa yang tidak tahu dengan jasa logistic JNE? Pasti kalian tahu kan yang sering belanja online di ecomers seperti shoope, tokopedia, dll dengan kurir ini. Yuk kita bahas analisis PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR “JNE”. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE adalah salah satu perusahaan prnyedia ekspedisi/kurir besar di Indonesia. JNE melayani pengiriman paket kedalam negri dan luar negeri. Strategi yang  dipakai untuk membentuk suatu usaha  yaitu analisis SWOT, analisis STP, dan analisis 4P.

Baca Juga : 7 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

A. Analisis SWOT PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE

Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis.

Analisis ini terbagi menjadi empat komponen yaitu

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan atau Strength adalah poin internal dan positif dari perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang berada dalam kendali Anda. Strength yang di pakai oleh JNE yaitu mampu memanfaatkan peluang pasar yang ada, jaringan yang luas, cepat sampai di tujuan, dan kemudahan pembayaran.

2. Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang Anda mungkin perlu tingkatkan agar menjadi lebnih kompetitif. Kelemahan pada JNE yaitu di bidang pelayanan terhadap customer yang di nilai kurang ramah sehingga customer memilih kurir lain.

3. Peluang (Opportunities)

Peluang adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan bisnis. Yang dimiliki oleh Jne sendiri yaitu kemajuan teknologi yang memperluas  jaringan pelayanannya.

4. Ancaman (Threats)

Ancaman adalah faktor eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini untuk menempatkan rencana darurat dalam menangani masalah yang terjadi. Banyaknya perusahaan penyedia ekspedisi/kurir pengirim barang/paket baik di dalam maupun luar negri.

B. Analisis STP PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE

Segmentation%252C+Targeting+%2526+Positioning+JNE

Apabila dikaitkan dengan product life-cycle maka JNE adalah sebuah produk yang berada pada Introduction stage (perkenalan), oleh karena itu perlu melakukan segmentasi, targeting, dan positioning pasar sehingga dapat memberikan layanan terbaik dengan hasil yang sesuai dengan tujuan, walaupun semua jenis segment dapat menjadi pengguna layanan  JNE.
Analisis STP-nya yaitu

1. Segmenting
Dilihat dari sudut pandang PT. Tiki JNE maka market segment yang digunakan adalah “Full Market Coverege”. Karena JNE selain menyediakan jasa pengiriman barang di atas 500 gram, saat ini juga mengeluarkan layanan baru yaitu Pesona. Dimana Pesona ini menyediakan jasa pembelian dan pengiriman makanan khas (oleh-oleh) daerah di Indonesia. Semua layanan yang disediakan JNE tidak dikelompokkan untuk jenis pasar tertentu, dimana masyarakat dari level ekonomi bawah sampai dengan atas dapat menggunakan jasa ini dan menjadi target pasar JNE.

2.  Targeting

Jne menargat pasarkan yaitu dewasa- lanjut usia yang pastinya mempunyai bisnis atau yang ingin mengirim barang  kedalam maupun luar negeri.

3. Positioning

Melayani jasa pengiriman barang, dokumen, pembayaran online, logistic dan dan distribusi dengan jaminan kualitas dan pelayanan yang prima

C. Analisis 4P PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE

4p+jne

“Bauran pemasaran adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat di kontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen”. 4P JNE yaitu

1. Product (PRODUK)

JNE bergerak di bidang jasa yaitu dalam pengiriman barang, dokumen, dan logistic mencakup wilayah seluruh Indonesia. Hal ini JNE m=emiliki produk level, yaitu

·       Core Benefit: Jasa Pengiriman

·       Potential: Jasa pengambilan barang dari asal dan mengirimkan barang tanpa ada batasan berat dan jenis makanan sampai tujuan.

·       Expected Product: Di terimanya barang pada konsumen

·       Basic Product: Jasa pengiriman barang di atas 500 gram

·       Augmented Product: Melayani pesanan dan pengiriman makanan khas daerah ke tujuan sang konsumen

2. Price

Untuk masalah harga yang di tawarkan oleh JNE yaitu bergantung dengan berat barang yang akan dikirim serta jarak jauh yang akan akan di tempuh. Untuk hitungannya barang yang kurang dari 1KG akan di hitung 1KG dan tidak kurang dari 1kg

3. Place

Untuk tempatnya sendiri JNE sudah miliki banyak cabang di wilayah indonesia dengan posisi yang strategis dan mudah di jangkau. Contohnya di dekat pasar yang lokasinya bersebrangan dengan pasar agar memudahkan penjual yang ingin kirim paket.

4. Promotion
Promosi yang JNE dilakukan oleh pihak JNE berupa iklan yang menggunakan spanduk, banner , dll

Nah itulah analisis SWOT, STP, dan 4P untuk jasa kurir PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) semoga artikel ini membantu anda.

1 komentar:

Post Bottom Ad