Analisis Jasa
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
Siapa yang tidak tahu dengan jasa logistic JNE? Pasti kalian tahu kan yang sering belanja online di ecomers seperti shoope, tokopedia, dll dengan kurir ini. Yuk kita bahas analisis PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR “JNE”. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE adalah salah satu perusahaan prnyedia ekspedisi/kurir besar di Indonesia. JNE melayani pengiriman paket kedalam negri dan luar negeri. Strategi yang dipakai untuk membentuk suatu usaha yaitu analisis SWOT, analisis STP, dan analisis 4P.
Baca Juga : 7 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya
A. Analisis SWOT PT Tiki
Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE
Analisis
SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk
mengembangkan strategi bisnis.
Analisis ini terbagi menjadi empat komponen yaitu
1. Kekuatan (Strength)
Kekuatan
atau Strength adalah
poin internal dan positif dari perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang berada
dalam kendali Anda.
Strength yang di pakai oleh JNE yaitu mampu memanfaatkan peluang pasar yang
ada, jaringan yang luas, cepat sampai di tujuan, dan kemudahan pembayaran.
2. Kelemahan (Weaknesses)
Kelemahan adalah
faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang Anda
mungkin perlu tingkatkan agar menjadi lebnih kompetitif. Kelemahan pada JNE yaitu di bidang
pelayanan terhadap customer yang di nilai kurang ramah sehingga customer
memilih kurir lain.
3. Peluang (Opportunities)
Peluang adalah
faktor eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada
kesuksesan bisnis. Yang
dimiliki oleh Jne sendiri yaitu kemajuan teknologi yang memperluas jaringan pelayanannya.
4. Ancaman (Threats)
Ancaman adalah
faktor eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus
mempertimbangkan hal ini untuk menempatkan rencana darurat dalam menangani
masalah yang terjadi.
Banyaknya perusahaan penyedia ekspedisi/kurir pengirim barang/paket baik di
dalam maupun luar negri.
B. Analisis STP PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE
Apabila
dikaitkan dengan product
life-cycle maka JNE adalah sebuah produk yang berada
pada Introduction stage (perkenalan),
oleh karena itu perlu melakukan segmentasi,
targeting, dan positioning pasar sehingga dapat memberikan
layanan terbaik dengan hasil yang sesuai dengan tujuan, walaupun semua jenis
segment dapat menjadi pengguna layanan
JNE.
Analisis STP-nya yaitu
1. Segmenting
Dilihat dari sudut pandang PT. Tiki JNE maka
market segment yang digunakan adalah “Full
Market Coverege”. Karena JNE selain menyediakan jasa pengiriman
barang di atas 500 gram, saat ini juga mengeluarkan layanan baru yaitu Pesona.
Dimana Pesona ini menyediakan jasa pembelian dan pengiriman makanan khas
(oleh-oleh) daerah di Indonesia. Semua layanan yang disediakan JNE tidak
dikelompokkan untuk jenis pasar tertentu, dimana masyarakat dari level ekonomi
bawah sampai dengan atas dapat menggunakan jasa ini dan menjadi target pasar
JNE.
2. Targeting
Jne menargat pasarkan yaitu dewasa- lanjut usia yang
pastinya mempunyai bisnis atau yang ingin mengirim barang kedalam maupun luar negeri.
3. Positioning
Melayani jasa pengiriman barang, dokumen, pembayaran
online, logistic dan dan distribusi dengan jaminan kualitas dan pelayanan yang prima
C.
Analisis 4P PT Tiki Jalur Nugraha
Ekakurir atau JNE
“Bauran
pemasaran adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat di kontrol oleh
perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk
memuaskan konsumen”. 4P JNE yaitu
1. Product (PRODUK)
JNE bergerak di bidang jasa yaitu dalam pengiriman
barang, dokumen, dan logistic mencakup wilayah seluruh Indonesia. Hal ini JNE
m=emiliki produk level, yaitu
· Core Benefit: Jasa
Pengiriman
· Potential: Jasa
pengambilan barang dari asal dan mengirimkan barang tanpa ada batasan berat dan
jenis makanan sampai tujuan.
· Expected Product: Di
terimanya barang pada konsumen
· Basic Product: Jasa
pengiriman barang di atas 500 gram
· Augmented Product:
Melayani pesanan dan pengiriman makanan khas daerah ke tujuan sang konsumen
2. Price
Untuk masalah harga yang di tawarkan oleh JNE yaitu
bergantung dengan berat barang yang akan dikirim serta jarak jauh yang akan
akan di tempuh. Untuk hitungannya barang yang kurang dari 1KG akan di hitung
1KG dan tidak kurang dari 1kg
3. Place
Untuk tempatnya sendiri JNE sudah miliki banyak cabang di
wilayah indonesia dengan posisi yang strategis dan mudah di jangkau. Contohnya
di dekat pasar yang lokasinya bersebrangan dengan pasar agar memudahkan penjual
yang ingin kirim paket.
4. Promotion
Promosi yang JNE dilakukan oleh pihak JNE berupa iklan yang menggunakan
spanduk, banner , dll
Terimakasih Kaka
BalasHapus